Beranda > Umum > KEINDAHAN SENI

KEINDAHAN SENI

KEINDAHAN SENI

1. Pengertian Seni
Seni adalah aktivitas manusia yang terdiri atas ini, bahwa seorang secara sadar dengan perantaraan tanda –tanda lahiriah tertentu menyampaikan perasaan-perasaan yang telah dihayatinya kepada orang lain sehingga mereka kejangkitan perasaan-perasaan ini dan juga mengalaminya.
Beliau menegaskan selanjutnya bahwa aktivitas seni ini adalah membangkitkan dalam diri sendiri suatu perasaan yang seseorang pernah mengalaminya dan setelah itu dengan perantarasebagai gerak, garis, warna, suara, atau bentuk memindahkan persaan itu sehingga orang-orang lain mengalami pula perasaan yang sama.

2. Ciri-ciri Keindahan Pada Seni
Pada akhir bab dimuka diterangkan bahwa keindahan alamiah bukanlah intisari dari alam sehingga keindahan itu sukar dinikmati orang secara estetis saja karena adanya kemungkinan berbagai pertimbangan lainnya seperti kegunaan atau pengetahuan. Sebagai contaoh dalam suatu perkarangan tumbuh sekolompok pohon bambu, pemiliknya yang melihat pohon itu setiap hari mungkin tidak menikmati keindahannya. Hal-hal yang mungkin berkembang dalam pikirannya ialah kegunaannya untuk membikin kurungan ayam, atau rebungnya untuk dimasak sayur lodeh, batangnya kalau sudah tua untuk ditebang dan dijual kepasar, atau batang ujungnya yang kecil-kecil untuk di bikin dagangan seruling bambu. Tetapi , seorang seniman akan menuangkan pohon bambu dalam karya seninya untuk dinikmati keindahannya seperti lukisan dari seorang seniman tionghoa.
3. Asas-asas bentuk Estetis
Menurut rincian Hunter Mead, nilai estatis (atau nilai keindahan) dapat dibedakan dalam 3 ragam:
a. Sensous ( Ragam Inderawi)
ini adalah keindahan yang terjadi dari warna-warni, susunan, dan nada yang diserap melalui indera.
b. Formal (Ragam Bentuk)
ini ialah keindaha yang terjadi darisemua macam hubungan seperti misalnya kesamaan, kemiripan atau kontras.
c. Associative ( Ragam Perserikatan)
Ini adalah nilai estetika yang memberi arti tertentu yang dikaitkan dengan hal-hal lain ( benda, ide atau kejadian ), misalnya suatu ingatan menyenangkan yang terkait pada suatu lagu tertentu yang pernah didengar pada pada waktu yang lalu.

Jadi sesuatu karya seni mempunyai bentuk tertentu yang menyenangkan dan karenanya disebut indah. Dalam istilah teknis karya seni itu memiliki bentuk estetis (estetis form) yang mencakup ciri-ciri tertentu.

KEINDAHAN MATEMATIKA

1. Peranan Matematika Dalam Seni
Matematika telah tampil dalam pertumbuhan pemikiran manusia secara beraneka ragam sebagai ilmu format, ilmu tentang bilangan dan ruang. Ilmu yang mempelajari kuantitas dan keluesan. Ilmu yang menelaah hubungan, bentuk, dan struktur, proses pemikiran yang bersifat abstrak, deduktif dan simbolik, serta masih banyak penyebutan lainnya.
Dua pencirian tentang matematika membuatnya terlibatdengan persolan keindahan pada karya seni. Khususnya seni lukis. Pencirian yang pertama ialah perumusan sebagai “the science of magnitude or measurement and position” (ilmu tentang keluasan atau pengukuran dan letak). Misalnya salah cabang matematika yang disebut geometri proyeksi memusatkan perhatianya pada letak dari titik-titik dan garis-garis. Pencirian yang kedua dikemukakan oleh ahli matematika inggris W.W. Sawyer demikian :
Matematika adalah penggolongan dan penelaahan tentang semua pola yang mungkin. Pola disini dipakai dalam suatu cara yang tidak setiap orang dapat menyetujuinya. Ini dipahami dalam suatu makna yang amat luas, mencakup hampir setiap jenis keteraturan yang dapatdikenali oleh pikiran.
Berbagai perwujudan dalam alam mempunyai sesuatu pola atau keteraturan. Pola-pola yang sama sering kali terkandung dalam aneka benda atau keadaan yang tampaknya berbeda-beda. Tetapi, sekali pola alamiah yang sama itu diketahuidan dipahami oleh ahli matematika dapatlah diwujudkan menjadi pola dalam matematika.
Peranan matematika dalam seni arsitektur dan musik sudah menonjol sejak zaman dahulu. Salah satu dari empat serangkai pengetahuan yang di ajarkan dalam pendidikan orang bebas pada zaman yunani sampai abad tengah ialah musik dalam arti teori harmoni. Teori ini tak lain adalah analisis matematika tentang musik sebagai perimbangan. Dalam Bab II di muka telah diterangkan bangsa yunani dulu mengenai istilah ’harmoni’ untuk menyebut keindahan berdasarkan pendengaran.

Kategori:Umum
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: